Lompat ke konten
Home » Berita » Suzuki Ertiga Facelift 2022

Suzuki Ertiga Facelift 2022

    Suzuki-Ertiga-Facelift-2022

    Kontribusi Fleet Ertiga Catat Peningkatan Hingga 16%

    Suzuki-Ertiga-Facelift-2022

    Sahabat Suzuki Bandung, Sebuah catatan penjualan era panedmi suzuki, Segmen fleet tercatat menjadi salah satu penyokong penjualan di masa pandemi selain ekspor. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu mencatatkan peningkatan performa penjualan pada tahun 2021 sebesar 84% jika dibandingkan dengan tahun 2020 di musim pandemi ini. Suzuki Ertiga berkontribusi 16% pada penjualan tahun 2021. Konsumen segmentasi fleet Suzuki ini didominasi dari bidang kendaraan operasional perusahaan dan pemerintahan.

    Suzuki Ertiga Facelift 2022

    Suzuki-Ertiga-Facelift-2022

    Disamping catatan memuaskan penjualan fleet ertiga, Suzuki sepertinya diam-diam mengerjakan versi facelift dari Ertiga. Apalagi,sebuah mobil sedang diuji tertangkap kamera di jalan seperti Suzuki Ertigafacelift. Suzuki Ertiga terbaru ini di tes drive pada jalanan India.Disinyalir, MPV andalan Suzuki ini akan meluncurkan Maret 2022.

    Pada channel YouTube MRD Cars terlihat pada Video yang diunggah ada sebuah mobil baru yang sedang dites di jalan raya. Beberapa perubahan tampaknya sangat minim, satu-satunya yang ditutup kamuflase adalah gril depan. Pada bemper depan dan belakang, lampu depan dan lampu belakang bahkan velgnya pun belum ada
    perubahan .

    Tapi sangat memungkinkan nanti ada beberapa pembaruan di bagian interior. Akan ada desain baru untuk upgrade jok dan beberapa elemen baru pada dashboard. Tapi, belum ada bagian interior yang nampak.

    Jika di spekulasi belum perubahan pada bagian mesin. Suzuki Ertiga akan menggunakan mesin 1.500 cc K-Series empat silinder dengan tenaga 105 PS dan torsi maksimal 138 Nm. Pilihan standarnya menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

    Gosipnya, perubahan besar akan terjadi pada bagian transmisi, terutama transmisi matic. Saat ini, Suzuki Ertiga matic menggunakan girboks otomatis empat percepatan. Diprediksi sistem transmisi itu akan diganti dengan girboks
    otomatis 6 percepatan.

    Tidak dapat dipungkiri, para pesaingnya seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander telah beralih ke transmisi otomatis CVT. Tapi, Suzuki kabarnya akan tetap memiliki girboks otomatis torque converter konvensional karena dianggap paling andal.

    Unit 6-percepatan yang baru akan lebih cepat dalam hal perpindahan gigi ke atas dan juga perpindahan gigi ke bawah. Apalagi karena memiliki jumlah gigi yang lebih banyak, akan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar karena mesin akan berjalan pada rpm yang lebih rendah pada kecepatan tinggi. Transmisi itu juga
    akan hadir dengan mode manual.

    Baca Juga : Harga Suzuki Ertiga 2022

    Suzuki Ertiga SHVS rakitan Lokal

    Jika teringat pada sosok Suzuki Ertiga Diesel yang dirilis di tahun 2017, produk tersebut disambutan dengan cukup baik walaupun penjualannya tidak semarak kehadirannya. Ada satu hal yang biasanya dilupakan dari mobil ini yaitu
    teknologi mild hybrid-nya. Suzuki Ertiga Diesel pada waktu itu dibekali teknologi mild hybrid yang menjadi trendsetter di segmennya. Lalu kali ini, Suzuki Indonesia sepertinya akan kembali memakai teknologi tersebut, tapi
    dengan komposisi yang sedikit berbeda. Tidak akan lagi memadukan mesin diesel, teknologi yang diberinama SHVS tersebut akan terpadu dengan mesin bensin K15B.

    Untuk beberapa saat terakhir muncul selentingan bahwa Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan kembali memasarkan Suzuki Ertiga Mild Hybrid. Sebetulnya, ide untuk membawa kembali Suzuki Ertiga Mild Hybrid bukan sesuatu yang baru, Suzuki Ertiga Mild Hybrid sudah pernah dipajang di IEMS 2019 silam.

    Mungkin saja, sepertinya kini pasar elektrifikasi, termasuk segmen mild hybrid, sudah lebih diterima dibandingkan tahun 2017 silam. Lalu info yang terendus, Suzuki sepertinya tidak akan memadukan teknologi SHVS dengan mesin 1.300cc Diesel lagi, melainkan dengan mesin milik mereka sendiri yaitu mesin K15B. Poin menarik lainnya, Suzuki Ertiga Mild Hybrid kemungkinan besar tidak akan didatangkan secara utuh dari India seperti yang lama pernah datang.

    Artinya, Suzuki Ertiga Mild Hybrid akan dirakit pabrikan lokal alias CKD. Lalu, apakah fakta ini juga mengkonfirmasi bahwa Suzuki Indonesia telah mampu memproduksi mobil dengan sistem mild hybrid? Bisa dikatakan seperti itu. Jika di ingat lagi, tahun lalu Suzuki Motor Company di Jepang memang telah berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia.

    Dalam dinas kerja Menperin RI ke Jepang pada awal 2021 silam, beliau menyatakan bahwa pihaknya telah bertemu dengan perwakilan Suzuki Jepang. Dan pada pertemuan tersebut, pihak Suzuki telah memberikan komitmen mereka untuk berinvestasi di Indonesia dengan dana sebesar 1,2 triliun Rupiah hingga tahun 2024 mendatang.

    Dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan fasilitas perakitan mereka sehingga bisa memproduksi mobil dengan teknologi mild hybrid ala Suzuki yaitu SHVS. Dan yang menarik, kala itu Agus Gumiwang juga menyatakan bahwa dana tersebut akan dikhususkan untuk pengembangan Suzuki Ertiga Mild Hybrid dan Suzuki XL7 Mild Hybrid. Suzuki XL7 juga? Tentu, karena sudah jadi rahasia umum jikalau Suzuki XL7 adalah jelmaan SUV dengan basis Suzuki Ertiga. Maka akan sangat sayang jikalau LSUV Suzuki itu tidak mendapatkan teknologi serupa. Oiya, dari kabar yang beredar, Suzuki Ertiga Mild Hybrid kabarnya akan hadir dalam waktu dekat ini, yaitu di paruh pertama tahun 2022.

    Baca Juga : Kredit Suzuki Ertiga 2022

    Kapan Suzuki Ertiga Facelift Hadir di Indonesia ?

    Berbicara panjang lebar Suzuki Ertiga, sebenarnya satu hal yang paling dinantikan oleh masyarakat di Indonesia adalah versi facelift-nya. Suzuki Ertiga sudah berumur hampir 4 tahun, sudah seharusnya sangat layak untuk Suzuki
    memberikan pencerahan baru pada LMPV-nya ini. Rival yang usianya hampir sama seperti Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander juga telah mendapatkan penyegaran di tahun 2021 silam.

    Apakah nantinya Suzuki Ertiga facelift juga akan diperkenalkan di Indonesia, Sampai saat ini masih misteri, tapi generasi kedua Suzuki Ertiga sebenarnya mendapatkan tempat yang spesial di Indonesia,bahkan world premiere-nya pun dilakukan di Indonesia. Jadi, kami cukup yakin versi facelift-nya juga akan segera menyapa publik Tanah Air dalam waktu dekat ini.

    Sumber : AutonetMagz.com, Detik Oto

    Suzuki Cimahi
    Suzuki Soetta