Suzuki Tanam 100 Miliar Yen Buat Bangun Pabrik di Indonesia

Dibuat pada Senin, 25 November 2013 Ditulis oleh Administrator
167
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Suzuki Tanam 100 Miliar Yen Buat Bangun Pabrik di Indonesia0 out of 50 based on 0 voters.


Liputan6.com, Tokyo : Suzuki Motor berencana menanamkan investasi total senilai 100 miliar yen atau setara Rp 10,5 triliun di Indonesia. Penambahan investasi ini bertujuan untuk mengembangkan eksistensi usaha perseroan, khususnya di Indonesia dan kawasan Asia.

Suzuki berencana membuat sistem yang komprehensif untuk memproduksi kendaraan penumpang

yang ringan dan hemat bahan bakar.

Juru bicara Suzuki Ei Mochizuki mengatakan, produsen mobil Jepang ini tengah menjadikan pasar mobil Indonesia sebagai targetnya.

Dari total investasi 100 miliar yen tersebut, rencananya sebesar 60 miliar yen (US$ 610 juta) atau setara Rp 6,3 triliun untuk membangun pabrik perakitan mobil kecil baru di Indonesia, menurut surat kabar Nikkei, Senin (29/7/2013).

Sementara sisanya, 40 miliar yen untuk membangun pabrik mesin baru di luar Jakarta, seperti diumumkan Suzuki pada tahun lalu.

Melansir The Economic Times, produsen mobil dengan volume penjualan terbesar keempat di Jepang ini berencana memproduksi mobil-mobil kecil dengan mesin irit 660 cc model Wagon R mini. Hingga saat ini mobil tersebut masih di jual di Jepang.

Mochizuki lebih lanjut menjelaskan, di Indonesia, Suzuki akan mengganti mesin 660 cc tersebut dengan mesin yang lebih besar.

Namun dia masih merahasiakan kapasitas produksi pabrik atau kapan pabrik tersebut akan mulai beroperasi. Suzuki sendiri telah memiliki pabrik mobil di tanah air.

Mengutip Nikkei, kegiatan produksi direncanakan mulai berlangsung pada 2014. Investasi ini akan meningkatkan kapasitas produksi Suzuki di Indonesia dari 150 ribu saat ini menjadi 200 ribu unit mobil setiap tahun. "Ini salah satu langkah perusahaan," tutur media Jepang tersebut.

Pembuat mobil Jepang diketahui terus memperluas kehadirannya di Asia Tenggara. Wilayah ini telah menjadi pasar konsumen utama seiring peningkatan kelas menengah yang tumbuh dan sebagai sumber tenaga kerja murah.

Suzuki telah memiliki operasi yang luas di Asia di luar Jepang, memproduksi lebih dari setengah kendaraan 2,88 miliar unit di wilayah itu pada tahun fiskal hingga Maret 2013.

Indonesia, di mana lebih dari jutaan mobil terjual tahun lalu, telah mengesahkan regulasi mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) guna meningkatkan jumlah penggunaan mobil kecil.

Suzuki merupakan satu dari produsen Jepang seperti Toyota Motor Corp dan Honda Motor Co yang tengah memanfaatkan teknologi mobil mini yang hanya dimiliki negaranya.

Suzuki saat ini telah hadir di India sejak tahun 1980-an. Anak usahanya Maruti Suzuki India merupakan produsen mobil terbesar di negara tersebut berdasarkan volume penjualan. - Suzuki Bandung (Sis/Nur)

Dilihat: 868